jump to navigation

Risman Menang Mutlak Februari 23, 2009

Posted by 4riesibaran1 in Uncategorized.
Tags: ,
trackback

KALIANDA-Rapat Paripurna Pemilihan Wakil Bupati Kabupaten Lampung Selatan masa bhakti 2005-2010 kemarin digelar dalam suasana yang penuh ketegangan. Risman Sesunan, Cawabup Lamsel yang diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akhirnya memenangkan voting yang dilakukan oleh DPRD Lamsel dengan 26 suara berbanding nol suara.

Suasana tegang itu telah dimulai saat rapat belumlah dimulai namun puluhan orang yang tergabung dalam Forum musyawarah Masyarakat Lampung Selatan (FM2LS) mengadakan aksi demonstrasi di depan Gedung DPRD Lamsel pada pukul 09.00 pagi. Ratusan aparat kepolisian bersenjata lengkap langsung memberlakukan system pengamanan ketat. Setiap tamu undangan yang hadir harus melalui dua kali pemeriksaan dengan menggunakan metal detector untuk mengantisipasi adanya gangguan keamanan.

Namun, ketika para tamu undangan yang terdiri dari para kepala dinas telah masuk ke dalam gedung DPRD Lamsel, mendadak Ketua DPRD Lamsel Sumadi, S.Sos turun dari ruang kerjanya dan mengusir para tamu undangan dengan alasan bahwa tak ada sidang paripurna yang akan digelar. “Silahkan keluar. Ketua Dewan masih ada dan tak ada undangan untuk paripurna,” ujarnya emosional.

Ketegangan semakin memuncak saat ruang sidang paripurna Dewan yang dalam posisi terkunci ada yang membuka dari dalam. Tanpa menggubris permintaan Ketua Dewan, anggota Dewan yang telah hadir antaralain Wakil Ketua Dewan Drs. Irwan dan Antoni Imam diikuti oleh sejumlah anggota dewan segera masuk ke dalam ruang sidang. Namun, sidang tak segera dimulai.

Baru pada sekitar pukul 10.40 Sidang dibuka. Sumadi, yang telah mengontrol emosinya membuka sidang dengan jumlah anggota dewan yang hadir 27 orang dari total 44 orang anggota dewan.

Kecuali Ketua Dewan, tak terlihat ada anggota dewan dari Fraksi Golkar dan juga Cawabup yang diusungnya yaitu Irsanuddin Sagala hadir di ruang paripurna tersebut. Bupati Lamsel H. Wendy Melfa, SH., MH., didampingi unsure muspida yaitu Kapolres Lamsel AKBP Lukas Arry Dwiko Utomo, Dandim 042 LS Letkol Syarifudin, Kajari Kalianda Munasim Salim, dan Ketua PN Nicodemus mendadak muncul ke ruang sidang paripurna ketika Sidang baru akan berjalan.

“Sidang saya skor selama satu jam karena tidak kuorum,” ujar Sumadi. Pada masa skorsing itu, Bupati beserta unsur muspida langsung naik ke ruangan Ketua Dewan. Sementara, di luar ruang sidang, massa tak henti-hentinya berteriak mengecam jalannya paripurna yang dianggap cacat hokum dan tidak sah.

Perwakilan massa akhirnya diperbolehkan masuk ke dalam gedung DPRD Lamsel namun tidak diperbolehkan masuk ke dalam ruang paripurna DPRD tempat Pilwabup digelar. Saat masa skorsing pertama habis, maka sesuai dengan tatib Pilwabup Lamsel Sumadi kembali mengadakan skorsing kedua.

Namun, hingga masa skorsing kedua habis, jumlah anggota tetap 27 orang dan tak memenuhi kuorum yakni ¾ dari jumlah 44 orang total anggota dewan lamsel. Dikarenakan tidak kuorum, Sumadi kemudian meminta agar Panmus kembali mengadakan rapat. Kontan saja, hujan interupsi dari anggota dewan mewarnai ruang sidang yang menginginkan agar Pilwabup terus digelar.

Suasana bertambah panas saat anggota Dewan meminta agar wakil ketua mengambil alih posisi pimpinan sidang. Puncaknya, Sumadi memilih walkout dari ruang Sidang. “Dewan harus menuruti mekanisme. Dan saya telah menuruti mekanisme tapi ini saya nilai tak sesuai dengan meknisme. Saya memilih keluar,” ujarnya berapi-api.

Dirinya beranggapan bahwa untuk menentukan apakah sidang harus dilanjutkan atau tidak harus melewati rapat kembali pasalnya tatib Pilwabup Lamsel pada Bab VI Pemilihan Calon Wakil PEngganti Jabatan Bupati tak mengatur hal tersebut dan menurutnya harus dilakukan rapat kembali.

Sementara itu Wakil Ketua Dewan Drs. Irwan dan Antoni Imam beranggapan bahwa rapat tetap dapat dilanjutkan merujuk pada Bab XIII pasal 74 Tatib 15 / DPRD-LS/2006 tentang Perubahan Revisi Tatib DPRD NO 17 / DPRD-LS/ 2005. Tercatat, pada ayat (2) termaktub jika kuorum belum tercapai pimpinan dapat melanjutkan rapat sekurang-kurangnya dengan kehadiran ½ dari jumlah anggota dewan keseluruhan. Pimpinan Sidang dengan persetujuan anggota Sidang akhirnya diambil alih oleh Wakil Ketua Drs. Irwan.

Dan Pemungutan Suara dengan jumlah akhir 26 suara digelar pada pukul 13.30 siang. Sebanyak 26 anggota dewan memberikan hak pilihnya. Ketegangan masih terus berlanjut saat dari ruangan tepat diatas ruang Sidang, anggota fraksi Partai Golkar Bastian. SY. Meminta agar sidang paripurna dihentikan. Beberapa orang tak dikenal pun mulai melempari botol-botol air mineral dan sampah makanan ke arah anggota dewan yang tepat berada diatasnya. Suasana terus memanas saat Risman Sesunan mengantungi seluruh suara anggota dewan yang hadir.

Dan sekitar pukul 14.45 sore Drs. Irwan mengetuk palu tanda Sidang paripurna ditutup. Melihat kondisi keamanan yang dianggap tak memungkinkan, buru-buru Bupati Lamsel H. Wendy Melfa, SH., MH dan Wakil Bupati terpilih Drs. H. Risman Sesunan dievakuasi lewat pintu samping.

Lewat pintu kecil yang menghubungkan kompleks Dewan dengan akses keluar jalan, dengan pengawalan ketat Wendy dan Risman segera berlalu. Sedangkan, anggota dewan yang hadir sebagian dievakuasi dengan menggunakan truk dalmas Polres Lamsel.

Sementara itu, terpisah, Ketua Dewan Sumadi. S.Sos didampingi unsure fraksi Partai Golkar langsung menggelar jumpa pers diruangan Dewan. Dirinya menilai, eksekutif telah bertindak terlalu jauh dalam melakukan intervensi terhadap DPRD. “Saya telah melakukan kontak dengan Depdgari terkait permasalahan ini,” terangnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Ketua DPD Partai Golkar tingkat II Lamsel, Rusman Effendi. Menurutnya, sidang yang telah digelar kemarin adalah cacat hukum. “Jelas tidak sah. Dan kami akan mengkoordinasikannya dengan pimpinan di tingkat DPD Provinsi,” terangnya. Muhctar Husin, tokoh masyarakat juga menganggap bahwa Pilwabup yang telah digelar kemarin adalah cacat hokum. “Kami minta uji public. Itu karena kami tak mau nantinya kedepan akan menuai masalah,” terangnya.

Sementara itu, sebanyak 24 orang anggota dewan yang hadir kemarin.terdiri atas 6 orang anggota PDIP, 5 orang anggota fraksi PKS, 4 orang anggota fraksi PAN, 5 orang anggota FPKB. Sedangkan dua orang dari PBR terlihat hadir. Sementara suara sisa lainnya didapat dari PPP, PNBK dan PSI. (*)

KRONOLOGIS SIDANG PARIPURNA PILWABUP LAMSEL

Pukul 09.00
Massa yang menamakan dirinya Forum Musyawarah Masyarakat Lampung Selatan (FM2LS) mendatangi kantor DPRD Lamsel. Mereka menolak Pilwabup digelar dengan alasan cacat hokum. Ratusan petugas kepolisian dari Polres Lamsel membentuk barikade. Dan memberlakukan system pengamanan. Setiap tamu undangan harus melewati dua kali pemeriksaan metal detector.

Pukul 9.30
Para tamu Undangan yang terdiri dari para kepala dinas dan Asisten pemerintahan Pemkab mulai berdatangan. Namun, para tamu undangan tak dapat langsung masuk ke ruang sidang paripurna dikarenakan masih dalam posisi terkunci. Para anggota dewan juga telah berdatangan antara lain Wakil Ketua Dewan Drs. Irwan dan Antoni Imam

Ketua Dewan Sumadi, S.Sos muncul dari ruangan dan meminta agar para tamu undangan kembali pulang dikarenakan dirinya bersikukuh tak ada sidang paripurna yang akan digelar kemarin.

Pukul 10.00
Ruang Sidang Paripurna dibuka seseorang dari dalam. Tanpa menggubris permintaan Sumadi, para tamu undangan dan anggota Dewan termasuk masuk ke dalam ruangan yang telah terbuka dengan dijaga ketat aparat Polres Lamsel.

Pukul 10.30
Ruang Sidang telah dipenuhi oleh tamu undangan. Sekretaris Dewan Thoharuddin, SE mulai membacakan daftar hadir dan surat masuk. Sumadi yang telah mengontrol emosinya dating menghadiri Sidang

Pukul 10.45
Sidang dibuka oleh Ketua Dewan Sumadi, S.Sos didampingi Wakil Ketua Drs. Irwan dan Antoni Imam, SE.

Pukul 11.00
Bupati Lamsel H. Wendy Melfa, SH., MH didampingi Kapolres Lamsel AKBP Lukas Arry Dwiko Utomo, Dandim 042 LS Letkol Inf. Syarifudin, Kajari Kalianda Munasim Salim dan Ketua PN Kalianda Nicodemus hadir mengikuti Sidang Paripurna. Sidang diskor selama 1 jam sesuai ketentuan tatib dikarenakan jumlah anggota sebanyak 27 orang tidak memenuhi syarat kuorum yakni ¾ dari 44 orang total jumlah anggota Dewan.

Pukul 12.00
Sumadi membuka sidang dan melakukan skorsing untuk kedua kalinya selama satu jam.

Pukul 13.15
Sidang kembali dilanjutkan. Dikarenakan tak memenuhi kuorum. Maka Sumadi meminta agar anggota Panmus mengadakan rapat kembali. Namun, hal itu tak digubris oleh anggota dewan yang hadir dan menginginkan pilwabup digelar. Ketegangan kembali terjadi. Sumadi memilih Walkout. Pimpinan Sidang diambil alih Drs Irwan. Sidang terus digelar dengan pemungutan suara.
Selama pemungutan suara beberapa orang tak dikenal yang berada tepat diruang atas sidang paripurna berteriak-teriak mengecam jalannya sidang. Beberapa botol air mineral, bungkusan sampah dan tutup tempat sampah melayang kea rah ruang sidang paripurna. Salah seorang anggota fraksi Partai Golkar Bastian SY mencoba masuk ke ruang sidang namun tak dapat masuk.

Pukul 14.45
Sekretaris Dewan Thoharudin, SE membacakan rancangan keputusan Dewan penetapan Wakil Bupati terpilih Drs. H. Risman Sesunan yang menang dengan mengantungi 26 suara. Sementara lawannya yang tidak hadir Irsanuddin Sagala tak memperoleh suara. Pimpinan Sidang Drs. Irwan langsung mengetuk palu tanda Paripurna selesai.

Pukul 15.00
Bupati H. Wendy Melfa, SH., MH bersama Wakil Bupati terpilih Drs. H Risman Sesunan dengan pengawalan ketat meninggalkan ruangan sidang melalui Pintu samping dan keluar melalui pintu penghubung kompleks DPRD dengan akses jalan raya.

Pukul 15.30
Sumadi didampingi beberapa orang anggota fraksi partai golkar dan tokoh masyarakat antaralain Muchtar Husin menggelar jumpa pers di ruangan Ketua Dewan sementara anggota dewan yang mengikuti rapat paripurna dievakuasi dengan menggunakan satu unit truk dalmas dan dikawal ketat oleh petugas kepolisian.(widisandika)

Komentar»

1. C-MON - Maret 1, 2009

Aju senang banget kalo paman risman menang, orang ya baik banget…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: