jump to navigation

Pilwabup Lampung Selatan: Sumadi-Irwan Adu Kekuatan Februari 23, 2009

Posted by 4riesibaran1 in Uncategorized.
trackback

KALIANDA (Lampost): Ketua DPRD Lampung Selatan (Lamsel) Sumadi mengadu kekuatan dengan Wakil Ketua Irwan dkk., untuk kepastian menggelar rapat paripurna pemilihan wakil bupati (pilwabup) hari ini.

Hingga tadi malam, Sumadi tetap berkeras menunda pelaksanaan pilwabup sedangkan Irwan tetap menggelar paripurna yang dijadwalkan mulai pukul 09.30. “Meski Sumadi tidak hadir dalam rapat paripurna besok (hari ini, red) pemilihan tetap kami gelar,” kata Irwan, Minggu (22-2).

Dia mengaku dapat dukungan anggota Dewan lain untuk menggelar rapat tersebut. Politisi PDI Perjuangan itu mengatakan segala sesuatunya telah dipersiapkan. “Jadi tidak ada masalah, meski tidak dihadiri satu anggota Dewan. Semua berjalan sesuai dengan mekanisme. Saya akan memimpin rapat pemilihan itu.”

Irwan juga menjelaskan pelaksanaan pilwabup sesuai dengan prosedur dan susunan tata tertib DPRD. Menurut dia, DPRD juga mengundang calon wakil bupati; Irsanudin Sagala dan Risman Sesunan, melalui partai. Kedua calon itu akan memperebutkan 44 suara. (lihat tabel)

Sebaliknya Sumadi berkali-kali mengatakan rapat paripurna pemilihan hari ini (23-2) melanggar aturan karena tidak melibatkannya dalam pengambilan keputusan saat rapat Panitia Musyawarah (Panmus).

“Besok (hari ini, red) tidak ada pleno pilwabup. Tetapi rapat unsur pimpinan, komisi, dan fraksi membahas jadwal pleno, dan verifikasi berkas kedua calon,” Kata Sumadi, kemarin.

Sebelumnya Sumadi mengatakn kedua cawabup harus uji publik dulu, sebelum diplenokan. “Wong caleg saja uji publik, masak calon wakil bupati tidak uji publik,” kata anggota Fraksi Partai Golkar.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Lamsel Antoni Imam mengatakan pihaknya belum menerima surat pembatalan rapat paripurna pilwabup diganti rapat Panmus. Menurut dia, hasil Panmus bisa dibatalkan jika digelar rapat Panmus kembali. “Panmus tidak bisa dibatalkan sepihak,” jelas politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Jaga Keamanan

Meski terjadinya tarik ulur rapat paripurna hari ini, Polres Lamsel tetap berjaga-jaga. Kapolres Lamsel, AKBP Lukas Arry Dwiko Utomo mengatakan pihaknya menyiapkan personel satuan setingkat kompi (SSK) Dalmas, Intel, Serse, dan negosiator, untuk mengamankan pilwabup.

“Walau belum mendapat tembusan, kepolisian tetap mengirimkan aparat, mengantisipasi gangguan kelancaran pilwabup,” kata Kapolres, kemarin.

Selain menerjunkan sejumlah personel Polres, Kapolres menambahkan pengamanan pilwabup dibantu anggota Polsek Kalianda, Penengahan, Palas, Candipuro, Sidomulyo, dan KPPP Bakauheni.

Sedangkan pengajar Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) Universitas Lampung Ary Darmastuti mengatakan pengisian jabatan wakil bupati sudah menjadi keinginan masyarakat. “Kalau maunya semua (anggota DPRD, red) ya mengapa ditunda-tunda,” kata dia, tadi malam.

Secara terpisah, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDI Perjuangan Lampung Sahzan Syafri mengatakan partainya mendukung pilwabup. Hal itu sesuai dengan aturan dan juga demi kepentingan masyarakat kabupaten di ujung selatan Provinsi Lampung itu.

“Secara hukum, Ketua DPRD tidak bisa membatalkan agenda paripurna pemilihan itu karena pimpinan itu bersifat kolektif kolegial,” kata Sahzan mendampingi Ketua PDI Perjuangan Lampung Sjachroedin Z.P, kemarin. n AL/AAN/U-2

Fraksi Jumlah Anggota

Partai Golkar 10

PDI Perjuangan 9

PAN 5

PKS 5

PKB 5

PPP 4

PBR 2

PKPB 2

PNBK 1

Partai Demokrat 1

PSI 1

Jumlah 45

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: