jump to navigation

Pilwabup Molor Lagi Panlih Belum Tentukan Waktu Pemilihan Februari 20, 2009

Posted by 4riesibaran1 in Uncategorized.
Tags: , , , ,
trackback

KALIANDA – Proses pemilihan wakil bupati (pilwabup) Lamsel sepertinya akan kembali tertunda. Pasalnya, pasca diserahkannya 2 nama cawabup oleh Bupati Lamsel, bola panas kini menggelinding ke gedung DPRD Lamsel. Sebab, pihak DPRD dalam hal ini panlih belum dapat menentukan kepastian waktu pemilihan. Selain itu, Setelah beberapa waktu lalu meminta proses pilwabup dipercepat, FM2LS kini berbalik mendesak untuk menunda pelaksanaan pemilihan wakil Bupati Lampung Selatan. Penundaan ini menurutnya dilakukan untuk menyesuaikan tahapan mekanisme pilwabup yang sudah tidak lagi berjalan sesuai tahapan.

Dalam audensi yang dilakukan Forum Musyawarah Masyarakat Lampung Selatan (FM2LS) Kamis, (19/2) bersama Ketua DPRD Lamsel, H. Sumadi, S.Sos., dan Sekretaris DPRD, Thoharudin, S.H., Wakil Ketua FM2LS, Ir. Mukhtar Husin meminta DPRD untuk mengisi seluruh tahapan pilwabup yang telah ditetapkan panlih. Termasuk didalamnya pelaksanaan tahap uji public untuk memberi kesempatan rakyat mengenali cawabupnya.

“Selama ini tahapan pilwabup sudah tidak berjalan sebagaimana mestinya, untuk realistisnya, seluruh tahapan harus dilakukan termasuk perlunya tahapan uji publik,” terang Muktar.

Mestinya proses tahapan penyerahan nama harus telah dilakukan pada 13 Februari lalu, namun karena menemui kendala terhambat dan baru terealisasi saat ini. ”Untuk itu kami berharap tahapan yang ada harus dilakukan sebagaimana mestinya, dan panlih harus membuat tahapan yang tidak terburu-buru sebagaimana tahapan yang ada,” tandasnya.

Bila mengikuti tahapan yang ada, akan banyak sekali yang dilewati. Untuk itu panlih harus realistis dalam menyusun tahapan pemilihan. Ia berharap dalam proses uji publik harus dilakukan minimal 2 hari yang selanjutnya diikuti dengan tahapan pemilihan.

Sementara itu, Ketua DPRD Hi. Sumadi, S.Sos., merespon masukan yang diberikan masyarakat untuk melaksanakan tahapan yang telah dibuat. Hingga saat ini, Sumadi mengaku seluruh tahapan masih dalam penggodokan ulang oleh panlih dan ia belum mendapatkan laporan resmi dari kerja panlih.

Sumadi sendiri memperkirakan proses pemilihan baru dapat digelar 1 pekan kemudian. Ia memrediksi pemilihan baru dapat dilaksanakan sekitar tanggal 25-26 Februari, tepatnya hari Rabu-kamis. pelaksanaan ini dapat dilakukan jika mengikuti mekanisme yang berlaku, seperti adanya verifikasi berkas cawabup dan uji publik.

“Masukan ini akan kita berikan kepada panlih agar memberikan ruang uji publik bagi rakyat untuk mengenali cawabupnya. Tapi hal ini harus kita buat sebagaimana mekanisme pelaksanaan tahapan,” terangnya.

Di bagian lain, panitia pemilihan wabup Lamsel, Z. Arifin Tiang Negara, S.H., mengaku pihaknya baru sebatas melakukan pemeriksaan berkas administrasi para cawabup. Dalam pemeriksaan tersebut panlih hanya meminta cawabup untuk memperbaiki berkas admistrasi yang masih kurang. ”Berkas 2 cawabup kita minta perbaiki selanjutnya segera diserahkan kepada panlih untuk dilaporkan kepada pimpinan DPRD,” terang Arifin.

Dalam pelaksanaan tahapan selanjutnya, pimpinan DPRD melalui rapat panmus akan meminta panlih untuk menyusun jadwal pelaksanaan pemilihan dan rencananya akan digelar hari besok (hari ini-Red). ”Seluruh berkas akan kita laporkan kepada pimpinan DPRD, untuk digelar panmus. jadi tanggal kepastian pelaksanaan pilwabup belum dapat dipastikan,” pungkasnya. (Beny Candra)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: