jump to navigation

4 Cawabup Diminta Buat Kesepakatan Februari 16, 2009

Posted by 4riesibaran1 in Uncategorized.
Tags: , ,
trackback

KALIANDA – Bupati Lampung Selatan Hi. Wendy Melfa, S.H., M.H., meminta 4 calon wakil bupati Lampung Selatan membuat kesepakatan untuk mendukung langkah proses pengisian jabatan pilwabup yang akan dilaksanakan sesuai jadwal. Ini diketahui dari hasil agenda media yang dilakukan Bupati Lamsel pasca deadlock-nya 4 parpol dalam menemukan kesepakatan penentuan 2 nama cawabup.

Kesepakatan ini dilakukan bupati setelah 4 parpol memberikan mandat kepada bupati untuk menentukan 2 dari 4 nama cawabup yang telah direkomendasikan. Namun, pemberian mandat itu tidak dilakukan karena bupati belum menerima secara resmi dari parpol. Dalam pertemuan itu bupati hanya melakukan mediasi ulang dan meminta 4 cawabup membuat pernyataan siap mendukung calon yang direkomendasikan.

Kepala Bagian Humas Pemkab Lamsel, Drs. Darmawan, M.M., dihubungi Minggu (15/2) menjelaskan, sesuai tahapan agenda dalam penentuan nama cawabup bupati tetap mengembalikan kepada mekanisme yang telah ada yaitu tetap ditentukan oleh 4 parpol pengusung. Hanya saja dalam pemanggilan 4 cawabup ini, bupati hanya memdiasi ulang menyusul belum adanya kata sepakat yang ditentukan parpol pendukung.

“Mediasi dilakukan untuk memenuhi saran DPRD yang meminta bupati menemui 4 parpol dan para cawabup. Selanjutnya mekanisme akan tetap dikembalikan pada parpol pengusung,” katanya.

Dalam pertemuan itu, bupati memberikan 4 butir pernyataan yang harus ditanda tangani oleh parpol pengusung demi terselenggaranya proses pilawbup di Lamsel. Keempat butir penyataan tersebut berisi di antaranya para cawabup siap menerima siapapun yang bakal direkomendasikan sebagai cawabup, siap mendukung penentuan 2 nama cawabup yang diputuskan, siap dukung yang diusung oleh parpol yang keluar dari hasil kesepakatan dan siap menghormati hasil putusan paripurna DPRD dalam menentukan cawabup.

“Keempat butir pernyataan tersebut harus ditandatangani oleh empat cawabup di atas materai,” katanya.

Kesepakatan yang telah ditentukan tersebut baru 2 cawabup yang telah menandatanganinya, yaitu cawabup dari PSI, Drs. Irwan, dan cawabup PKB Drs. Risman Sesunan. Cawabup Partai Demokrat, Rusli Isya, S.Sos., mengaku masih akan mempelajari butir pernyataan tersebut. Sedangkan untuk cawabup Golkar, Irsanudin Sagala, S.T., berhalangan hadir dalam medaiasi karena sakit.

Hasil kesepakatan nantinya akan dikembalikan kepada 4 parpol pengusung untuk menentukan 2 nama cawabup yang akan dipilih. Selanjutnya hasil kesepakatan akan diserahkan kepada bupati untuk diteruskan kepada DPRD untuk dipilih dalam rapat paripurna.

“Jadi dalam hal ini, bupati tidak menentukan cawabup, melainkan akan dikembalikan kepada parpol sebagaimana mekanisme yang diatur dalam undang-undang,” katanya lagi.

Di lain pihak, panlih wabup, DPRD Lamsel, Ketua Panitia Pemilihan Dewan Zainal Arifin Tiang Negara, S.H., berharap agar jadwal yang telah ditetapkan panlih tak lagi molor. “Kalau saya berprinsip tanggal baku pemilihan tetap dilaksanakan,” terangnya.

Ia berharap, kedua nama itu telah dapat diserahkan kepada dewan secepatnya, untuk menghindari jadwal pemilihan tanggal 19 Februari menjadi molor. “Kalau besok (hari ini) bisa diberikan, tidak jadi masalah,” terangnya.

Dituturkan politisi senior itu, dewan berprinsip tahapan tetap harus sesuai jadwal. “Yang kemarin-kemarin kan sudah mundur dari jadwal. Tapi kalau besok (hari ini) sudah ada nama tahapan bisa sesuai,” terangnya.(Beny Candra)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: