jump to navigation

PILWABUP: Senin, DPRD Lamteng Pilih Wakil Bupati Februari 14, 2009

Posted by 4riesibaran1 in Uncategorized.
Tags: , ,
trackback

GUNUNGSUGIH (Lampost): Setelah berkonsultasi dengan muspida, panitia pemilihan memutuskan pemilihan wakil bupati Lampung Tengah digelar dalam sidang paripurna di DPRD setempat, Senin (16-2).

Konsultasi dengan muspida dilakukan di Nuwo Balak, Jumat (13-2), sekitar pukul 10.00. Bupati tak mengikuti pertemuan itu hingga usai karena kondisi kesehatannya tak memungkinkan. “Saya pamit bapak-bapak sekalian, darah saya tinggi,” ujarnya dengan suara parau dan mata berkaca-kaca.

Dalam pertemuan itu, panitia menanyakan tindakan Bupati mengirimkan surat kepada DPRD agar menunda pilwabup. Bupati mengatakan pengajuan surat kepada DPRD itu didasari beban moral kepada masyarakat karena ada calon wakil yang bermasalah.

Namun, menurut Bupati, hal itu baru diketahuinya Jumat (6-2), dua hari setelah dua calon itu ditetapkan. “Jika temuan Inspektorat itu sebelum penetapan, saya akan lebih ringan mempertimbangkan,” terangnya.

Namun, menurut Bupati, soal akan dilanjutkan atau tidak pemilihan wakil bupati, ada di tangan DPRD. “Monggo saja DPRD, mau anjing menggongong kafilah berlalu, itu juga hak DPRD. Saya tak bisa mencampurinya terlalu jauh,” ujar Bupati.

Setelah mendengar penjelasan Bupati, Ketua Panitia Pemilihan, H. Miswan Rodi, meminta muspida menanggapi dan memberi saran. Seluruh muspida menyerahkan proses pemilihan kepada DPRD karena wewenang politik ada di tangan DPRD. Namun, semua pihak diminta mengedepankan asas praduga tak bersalah dan memakai nurani dalam mengambil sikap politik.

Setelah itu, panitia melanjutkan pertemuan di kantor DPRD dan berhasil menetapkan bahwa pemilihan wakil bupati digelar Senin (16-2), pukul 13.00.

Wabup Lamsel

Sementara itu, empat parpol pengusung pasangan pemenang Pilkada Lamsel 2005–2010 gagal menyaring empat cawabup menjadi dua orang. Pengurus empat parpol itu lalu menemui Bupati Lamsel Wendy Melfa di ruang kerjanya, kemarin, pukul 10.00.

“Saya diminta menentukan dua nama dari empat calon yang diusulkan. Tunggulah, saya istikharah dulu,” kata Wendy Melfa, tadi malam.

Sesuai jadwal, Partai Golkar (PG), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrat (PD), dan Partai Serikat Indonsia (PSI) itu menyerahkan dua nama kepada bupati paling lambat 12 Februari. Namun hingga kemarin, gagal menyepakati dua calon.

Kabag Humas Pemkab Lamsel Darmawan Darmawan mengatakan permintaan empat parpol pengusung diterima Bupati. Namun, Bupati meminta waktu hingga Senin (16-2) untuk menerima keempat calon wabup. “Satu-dua hari ini, Bupati melakukan pendekatan dengan empat calon. Yang pasti, keputusannya Senin sore.”

Empat cawabup tersebut adalah Irsanuddin Sagala diusung Partai Golkar, Rusli Isya diusung Partai Demokrat, Risman Sesunan diusung PKB, dan Irwan yang diusung PSI. n AL/R-1

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: