jump to navigation

Kesepakatan 2 Cawabup Sumir Februari 12, 2009

Posted by 4riesibaran1 in Uncategorized.
Tags: , , ,
trackback

KALIANDA – Hasil kesepakatan 4 partai politik pengusung jabatan wakil bupati Lampung Selatan dipastikan menemui jalan buntu. Ini diketahui setelah permusyawarahan yang dilakukan 4 parpol tersebut hingga deadline yang ditetapkan panitia pemilihan wabup DPRD pada Kamis (12/2) belum menghasilkan 2 nama yang akan dikeluarkan sebagai cawabup Lamsel.
Kepastian deadlocknya hasil kesepakatan tersebut disebabkan antara 3 parpol pengusung masing-masing Partai Demokrat dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ngotot untuk tetap mengeluarkan cawabup yang telah direkomendasikannya.
Sebelumnya 4 parpol yaitu Partai Golkar, PSI, PD dan PKB ini telah sepakat 1 cawabup dari Golkar, yaitu Irsanudin Sagala, ST yang akan dikeluarkan untuk dicalonkan sebagai salah satu cawabup. Sedangkan 1 cawabup lainya hingga kini masih dalam proses perundingan 4 parpol.
Ketua DPC PKB Lampung Selatan Imam Subhi membantah bila parpol telah sepakat mengusung salah satu nama dari calon.”Semuanya belum tuntas karena masih dalam proses perundingan,”tegasnya via ponsel kemarin.
Dikatakannya dalam perundingan yang dilakukan 4 parpol pengusung sepekan terakhir belum ada titik temu siapa yang akan dikeluarkan dalam perundingan tersebut.”Masing-masing partai kita telah memiliki calon tidak mungkin kita menarik dukungan kembali,”ungkapnya.
Sebagai solusi ia meminta dalam hal menghasilkan kesepakatan cawabup yang akan direkomendasikan, sebaiknya masing-masing cawabup harus melakukan lobi antar calon dan ke parpol pengusung.”Bila ini dilakukan kemungkinan akan ada solusi dari perundingan yang berlarut-larut ini,”tambahnya.
Dilain pihak Ketua DPC Partai Demokrat Lampung Selatan, Siti Farida mengklaim kesepakatan antar 4 parpol pengusung telah dilakukan, dari musyarawarah yang digelar pada Rabu malam (11/2) lalu, 4 parpol telah menelurkan 2 nama yaitu pasangan Irsanudin Sagala, ST dan Rusli Isya, S.Sos sebagai cawabup yang direkomendasikan.
”Pasangan cawabup telah mengerucut karena PSI telah resmi mendukung calon kita (demokrat.red). sedangkan PKB walk out dalam pertemuan tersebut,”terangnya.
Namun demikian, Siti Farida tidak berani memastikan 2 nama cawabup tersebut yang akan diserahkan kepada bupati. Karena masih akan dibahas dalam kesepakatan akhir yang digelar hari ini. (kemarin.red).
”Bila PKB ngotot kita akan tetap serahkan cawabup kepada bupati mengingat PKB sebelumnya telah mengeluarkan dukungan terhadap Rusli Isya dalam penjaringan yang dilakukan. Dan dukungan tersebut belum pernah dicabut,”bebernya.
Sementara itu, menyikapi belum adanya titik temu kesepakatan dari 4 parpol tersebut pimpinan DPRD menggelar rapat tertutup bersama pimpinan fraksi. Dalam rapat yang berlangsung selama 1 jam, mereka meminta Bupati untuk melakukan mediasi kepada 4 parpol bila sampai hari ini belum ada titik temu.
”Kita meminta bupati memanggil 4 parpol dan melakukan mediasi, sehingga besok (hari ini.red) sudah ada nama yang rekomendasikannya,”terang Ketua Fraksi Partai Golkar Hidarsel YAD, SE.
Dalam pertemuan yang dipimpin langsung Ketua DPRD Hi Sumadi, S.Sos juga meminta agar proses tahapan pilwabup tidak lagi molor sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan panitia pemilihan DPRD.”Kita berharap perundingan ini tidak lagi berpengaruh terhadap jadwal tahapan pilwabup yang telah disusun. Untuk itu DPRD meminta Bupati memediasi 4 parpol dan langsung menelurkan 2 nama cawabup yang akan direkomendasikan kepada DPRD,”terang Sumadi usai melakukan pertemuan diruang kerja Bupati Lamsel, kemarin.(*)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: