jump to navigation

Jadwal Terancam Mundur Februari 12, 2009

Posted by 4riesibaran1 in Uncategorized.
Tags: , , ,
trackback

KALIANDA-Jadwal tahapan Pilwabup Lamsel yang telah disusun oleh Panlih Pilwabup Dewan sepertinya akan kembali mundur. Pasalnya, hingga batas waktu tanggal 12 Februari kemarin siang, Bupati Lamsel H. wendy Melfa SH., MH belum mendapatkan dua nama yang diusulkan partai pengusung.

Dan kemarin, Dewan berupaya agar tahapan Pilwabup tak kembali molor. Pertemuan mendadak antara Dewan dan Bupati Lamsel pun digelar kemarin siang di kantor Bupati Lamsel. Dalam pertemuan yang berlangsung tertutup selama kurang lebih satu jam dengan Bupati Lamsel tersebut, Pihak Dewan diwakili langsung oleh Ketua Dewan Sumadi S.Sos beserta para wakil ketua dan para pimpinan fraksi.

Usai pertemuan tertutup itu, Ketua DPRD Lamsel Sumadi S.Sos menegaskan kepada media bahwa Dewan berinisiatif memberikan saran kepada Bupati terkait kebuntuan komunikasi politik yang dialami parpol pengusung.

“Dewan menyarankan agar memposisikan diri menjadi mediator untuk menengahi kebuntuan ditingkat parpol. Karena sesuai jadwal yang telah ditentukan ternyata parpol yang punya wilayah menentukan nama sampai waktu yang ditentukan belum menemukan nama,” urainya kemarin.

Sumadi sendiri tak dapat memastikan apakah jadwal tahapan pilwabup akan mengalami kemunduran dari tanggal yang telah ditetapkan panlih yakni tanggal 19 Februari. “Kalau besok langsung jadi (ada nama yang dikeluarkan-red) ndak masalah. Tapi bisa berkembang jadi belum bisa dikatakan,” urainya.

Untuk diketahui, sesuai dengan tata tertib Pilwabup yang telah disahkan dewan, termaktub pada bab V penyampaian Calon Pasal 6 ayat (3), gabungan parpol secara bersama sama menetapkan dua orang Cawabup yang ditetapkan dalam Surat Keputusan Bersama dan ditanda tangani oleh ketua dan sekretaris masing-masing partai untuk diusulkan pada Bupati.

Namun, dalam perjalanannya negosiasi antar partai pengusung yakni Golkar, Demokrat, PSI dan PKB berlangsung alot. Tercatat, ada empat kandidat cawabup yang diajukan oleh masing-masing parpol. Yakni Irsanuddin Sagala dari Golkar, Rusli Isya dari demokrat, Drs. Irwan dari PSI dan Risman Sesunan dari PKB. Satu nama secara informal telah disebut sebut masuk dalam bursa yakni Irsanudin Sagala dari Partai Golkar.

Dihubungi via ponselnya kemarin Ketua DPC PKB Lamsel Imam Subhi membenarkan bahwa pihak parpol pengusung mengalami stagnasi dalam komunikasi politik antar partai. “Kuncinya ada di Provinsi. Karena kalau yang dikabupaten ini kan sesuai dengan isntruksi dari Provinsi,” terangnya seraya menegaskan bahwa calon dari PKB yakni Risman Sesunan masih tetap diusung PKB. Dirinya juga menilai perlu ada mediasi dalam mengatasi kebuntuan komunikasi politik tersebut.

Sementara itu terpisah Bupati Lamsel H. Wendy Melfa, SH., MH., melalui Kabag Humas Pemkab Lamsel M. Dharmawan membenarkan bahwa peran sebagai mediator sebagaimana yang disarankan dewan akan dijalankan. Dan rencananya, pertemuan mediasi antara parpol pengusung dan Bupati Lamsel dilaksanakan dalam waktu dekat. “Rencananya besok (hari ini-red) akan ada pertemuan,” ujarnya menjawab pertanyaan wartawan.

Sebelumnya diketahui, Pihak parpol Pengusung dan Bupati Lamsel telah mengadakan komunikasi politik tanggal 6 Februari lalu. Dan saat pertemuan tersebut Bupati menyerahkan sepenuhnya kepada parpol pengusung untuk menentukan dua nama yang akan diusulkan parpol pengusung kepada Bupati. (*)

Agenda Panlih Calon Wakil Bupati pada tanggal 3 Februari

4 Februari/Rabu
-Surat pemberitahuan Pimpinan DPRD Kabupaten Latan kepada Bupati latan dan ditembuskan kepada gabungan Partai Politik Partai Golkar, PSI, PKB dan partai Demokrat

-Surat pemberitahuan bupati Latan kepada Gabungan parpol, Golkar, PSI,PKB dan Demokrat tentang pemilihan Wakil Bupati Latan

6 s/d11 Februari/jum’at s/d rabu
-Bupatin dan atau gabungan parpol bermusyawarah untuk menentukan 2 nama calon Wakil Bupati latan.

12 Februari/Kamis
-Penyampaian berkas Calon Wakil Bupati Latan dari gabungan parpol kepada Bupati Latan

13 Februari/ jum’at
-Penyampaian usulan 2 orang calon Wakil Bupati dari Bupati Latan kepada DPRD Kabupaten Latan

-Penelitian / pemeriksaan kelengkapan berkas administrasi Calon Wakil Bupati oleh Panlih

16 Februari/Senin
-Penyampaian hasil Penilitian/pemeriksaan kelengkapan berkas adaministrasi calon oleh Panlih kepada Pimpinan DPRD Kabupaten Latan

-Rapat panitia Musyawarah DPRD Kabupaten Latan tentang jadwal Rapat Paripurna Pemilihan Calon Wakil Bupati Latan

19 Februari/Kamis
-Pemilihan Calon Wakil Bupati Lampung Selatan

Komentar»

1. phito08 - Februari 12, 2009

selalu mundur..
ancur


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: