jump to navigation

Tatib Pilwabup Maju ke Meja Gubernur Februari 6, 2009

Posted by 4riesibaran1 in Uncategorized.
Tags: , ,
trackback

KALIANDA – Proses pemilihan wakil bupati (pilwabup) Lampung Selatan terus berjalan. Meski perlahan, namun, revisi tata tertib pilwabup Lamsel yang diajukan kembali oleh pihak Kabupaten Lamsel sejak 28 Oktober lalu ke meja Biro Hukum Pemprov Lampung, kini telah sampai ke meja Gubernur Lampung untuk dikoreksi kembali.

“Tatib revisi sudah diproses di biro hukum dan sekarang sudah naik ke meja gubernur,” terang Karo Hukum Pemprov Lampung Gunawan Ryadi, kemarin via ponselnya. Ditegaskannya, revisi tatib yang diajukan kembali oleh pihak Lamsel setelah melalui sidang paripurna persetujuan DPRD Lamsel tersebut hanya tinggal menunggu sepengetahuan gubernur saja. “Diperkirakan dalam jangka waktu satu atau dua hari ini sudah selesai,” terangnya.

Sesuai mekanisme, setelah melalui pemprov, maka revisi tatib pilwabup akan dikembalikan ke Kabupaten Lamsel. Dan selanjutnya DPRD Lamsel akan membentuk pansus pilwabup. Sementara para parpol pengusung akan mengajukan nama calon ke Bupati Lamsel H. Wendy Melfa, S.H., M.H. Selanjutnya, nama tersebut diajukan ke DPRD Lamsel.

“Secara substansial tatib tersebut tak ada masalah. Hanya mereka (Pemkab Lamsel) yang meminta dikoreksi ulang kalau-kalau ada yang salah. Tapi secara keseluruhan tak ada masalah,” terangnya. Ditegaskannya, kesalahan-kesalahan teknis berupa tata cara penulisan juga sudah terbilang kecil. “Jadi tinggal ditunggu saja,” terangnya.

Dirinya juga menegaskan bahwa secara keseluruhan revisi tatib pilwabup Lamsel di pihak pemprov berjalan lancar. Sebelumnya, Wakil Ketua II DPRD Lamsel, Antony Imam, S.E., menegaskan bahwa setelah revisi tatib disetujui pada sidang paripurna 28 Oktober lalu, saat ini revisi tatib masih belum diterima DPRD Lamsel.

“Setelah revisi tatib dikembalikan lagi barulah dibentuk pansus pilwabup. Dan tugasnya membuat jadwal juga mendistribusikan tatib kepada partai-partai pengusung,” terangnya.

Untuk diketahui, partai pengusung yang berhak mencalonkan nama calon Wakil Bupati adalah partai pengusung pasangan Zulkifli Anwar-Wendy Melfa yakni PKB, Demokrat, Golkar dan PSI. Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No.49/2008 Tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Pemerintah No.6/2005 Tentang Pemilihan, Pengesahan Pengangkatan, Dan Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, para partai pengusung berhak mengajukan dua nama calon ke bupati.

Dan, pada paripurna pengesahan tindak lanjut verifikasi tata tertib pemilihan pengganti jabatan wabup lamsel masa jabatan 2005-2010 di gedung DPRD Lamsel 22 Okober lalu, para anggota dewan Lamsel bersepakat satu suara dalam menyikapi posisi Wakil Bupati Lampung Selatan yang lowong. Pasalnya, kekosongan tersebut harus segera diisi agar tak menimbulkan polemik berkepanjangan di masyarakat. (Wartawan RNN)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: