jump to navigation

Tahapan Pilwabup Lamsel Berubah Februari 6, 2009

Posted by 4riesibaran1 in Uncategorized.
Tags: , , ,
trackback

KALIANDA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Selatan, melakukan sinkronisasi tata tertib pemilihan wakil bupati (tatib pilwabup). Sinkronisasi ini merupakan kali keempat dilakukan para wakil rakyat Lamsel, pasca revisi penyempurnaan setelah pengesahan yang dilakukan sebelumnya.

Anggota panitia pemilih (panlih) Pilwabup DPRD Lamsel, Drs. H. Bastian Sy., menjelaskan paripurna terhadap tatib pilwabup dilakukan untuk mensinkronkan saran yang diberikan dari gubernur Lampung terkait tatib pilwabup yang telah disahkan DPRD.

Dalam paripurna sinkronisasi tatib tersebut DPRD hanya memasukan item pasal krusial yang disarankan gubernur, yaitu usulan yang dilakukan parpol pengusung diserahkan langsung kepada bupati yang selanjutnya direkomendasikan 2 nama untuk dipilih oleh DPRD. Sebelumnya dalam tatib pilwabup yang lama, item tersebut berbunyi penyerahan usulan cawabup dari parpol diserahkan kepada panlih yang selanjutnya panlih melakukan verifikasi dan diteruskan kepada bupati untuk dipilih 2 nama.

“Usulan ini yang diubah dengan menghapuskan adanya mekanisme penyerahan dari parpol ke panlih wabup,” ujar politisi Partai Golkar ini.

Setelah mendapat persetujuan forum paripurna, paripurna DPRD yang dipimpin oleh Ketua, Hi Sumadi, S.Sos., langsung mengesahkan sinkronisasi tatib wabup sebagaimana saran Gubernur Lampung.

Adanya singkronisasi terhadap tatib pilwabup yang disahkan Kamis (11/12) ternyata berpengaruh terhadap tahapan pilwabup kecuali jadwal pilwabup pada 31 Desember mendatang.

Anggota panlih pilwabup Lamsel, Hi. Komirudin Lc mengatakan, tahapan proses pilwabup yang mengalami perubahan yaitu mulai dari tanggal 12 Desember. Pimpinan DPRD menyerahkan kepada bupati dan gabungan parpol hasil sinkronisasi dan jadwal panlih. “Kemudian dilanjutkan pada 17 Desember dengan penyampaian usulan cawabup dari masing-masing parpol pengusung kepada bupati dan pada 23 Desember, dilanjutkan dengan penyerahan 2 nama cawabup yang direkomendasikan bupati untuk dipilih dilanjutkan dengan verifikasi berkas oleh panlih DPRD,” urainya.

Dilanjutkan Hi. Komirudin Lc, pada 30 Desember dengan laporan hasil verifikasi panlih kepada pimpinan DPRD dan 31 Desember langsung digelar pemilihan wakil bupati.

Komirudin juga optimis proses pilwabup Lamsel dapat segera dilakukan segera, hal ini semua bila bupati cepat merespon tahapan yang telah ditetapkan panlih dalam paripurna sinkronisasi tatib pilwabup yang disahkan. ”Bila bupati tetap konsisten mengikuti agenda yang telah ditetapkan panlih, maka proses ini akan berjalan tepat waktu,” terangnya.

Terpisah, Sekretaris DPRD, Thoharuddin, S.H., mengatakan, dengan ditetapkannya sinkronisasi tatib pilwabup oleh DPRD pihaknya langsung membagikan lembar revisi tersebut kepada bupati dan 4 parpol pengusung. “Setelah disinkronkan tatib langsung kita serahkan bupati dan masing-masing parpol pengusung,” ujarnya. (Beny Candra )

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: