jump to navigation

Pilwabup Lamsel Terancam Molor PKB, Golkar dan Demokrat Serahkan Berkas Cawabup Februari 6, 2009

Posted by 4riesibaran1 in Uncategorized.
Tags: , , ,
trackback

KALIANDA – Proses tahapan pilwabup Lampung Selatan nampaknya bakal molor dari jadwal yang telah ditetapkan panitia pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung Selatan. Ini menyusul turunnya Surat Gubernur Lampung yang menyoal pengisian jabatan wakil Bupati Lampung Selatan.

Surat Gubernur tersebut berpengaruh terhadap tatatertib pengisian jabatan wakil bupati Lampung Selatan yang telah disahkan DPRD dalam paripurna sebelumnya. Yang mana substansi dalam item surat meminta parpol pengusung pasangan cawabup langsung mengusulkan cawabup kepada bupati Lampung Selatan.

Adanya surat Gubernur Nomor 132/2848/02/2008 tanggal 1 Desember tersebut secara tidak langsung berpengaruh terhadap tatib yang telah disahkan sebelumnya. Mengingat dalam mekanisme yang diatur dalam tatib pilwabup mengatur parpol yang mengusung cawabup langsung menyerahkan pada panlih DPRD yang telah dibentuk untuk tahap verifikasi. Selanjutnya hasil verifikasi yang dilakukan diusulkan panlih kepada Bupati Lampung Selatan.

Wakil Ketua Panlih DPRD Lampung Selatan, Antoni Imam, SE saat ditemui menjelaskan, adanya surat gubernur itu diupayakan tidak akan berpengaruh terhadap tahapan pilwabup yang ditetapkan panlih.

Meskipun tahapan ini harus direvisi, kita akan secepatnya membahas hal ini dalam panmus untuk segera mengagendakan revisi tatib dalam waktu dekat.

”Kita masih ada waktu untuk memperbaiki, sebab tahapan penyerahan ke Bupati masih akan dilakukan sepekan kedepan. Jadi selama proses revisi tersebut harus cepat diselesaikan,”katanya.

Meskipun tahapan Pilwabup tidak melewati mekanisme panlih,. Berarti parpol yang telah merekomendasikan tinggal menyerahkan pada bupati. Demikian dengan parpol yang telah mengirimkan berkas cawabup ke panlih tinggal meneruskan saja ke Bupati.” Jadi hal ini tidak terlalu prinsip, karena hanya melewati tahapan panlih saja,” tambahnya.

Secara terpisah Ketua DPC Partai Demokrat Lamsel, Siti Farida memprotes DPRD dengan berubahnya mekanisme penyerahan yang telah disahkan tatib pilwabup Lamsel tersebut. Ia menganggap DPRD terkesan main-main dalam pembahasan tatib pilwabup sehingga harus mengalami beberapakali revisi.”Panlih seperti tidak serius membahas tatib sehingga tatib yang telah disahkan berubah-ubah, padahal acuan dari Depdagri sudah jelas,” katanya.

Meskipun mengecam DPRD, pihaknya masih menyerahkan berkas cawabup yang direkomendasikan partainya. Anehnya cawabup Demokrat dan PSI ini berganti kepada Drs. Irwan yang juga Wakil Ketua DPRD Lamsel. Padahal sebelumnya 2 partai ini telah mengeluarkan rekomendasi tertulis terhadap Rusli Isya, S.Sos yang didukungnya sebagai cawabup.

Terkait hal ini, ketika dikonfirmasikan kembali, tidak menjelaskan alasan pergantian dukungan tersebut. Dihubungi kembali ponselnya meskpun aktif namun tidak diangkat. Demikian pula dengan Ketua PSI, Armi Basyuni yang melakukan hal yang serupa.

PKB, Golkar dan Demokrat Serahkan Cawabup ke Panlih

Adanya surat Gubernur Lampung yang bakal merubah ketetapan panlih melakukan verifikasi dalam tatib Pilwabup Lamsel nampaknya tidak berpengaruh terhadap PKB dan Partai Golkar. Buktinya, meskipun telah mengetahui surat tersebut, parpol pengusung pasangan Bupati dan Wakil Bupati Lamsel dalam pilkada 2005 lalu tetap menyerahkan cawabup yang direkomendasikannya kepada Panlih DPRD.

Pengembalian berkas pertama dilakukan oleh DPC PKB Lamsel yang dilakukan oleh Ketua DPC PKB dan ketua Syuro serta panitia Musyawarah Bangkit. Mereka menyerahkan berkas cawabup yang diusungnya Drs. Risman Sesunan langsung ke panlih.

Kehadiran pengurus DPC PKB tersebut diterima oleh Sekretaris Panlih DPRD, Thoharuddin, SH beserta Plt. Kepala bagian Perundangan Sekreatariat DPRD, Imbalo, SH. Pertemuan yang berlangsung di ruang ketua DPRD Lamsel tersebut sekretaris panlih langsung melakukan crooscheck terhadap kelengkapan berkas cawabup yang diusung PKB tersebut. “Dari 24 item yang harus dipenuhi cawabup yang usung PKB berkasnya lengkap dan memenuhi syarat,” kata Thoharuddin, SH, kemarin.

Dalam kesempatan itu cawabup dari PKB, Drs. Risman Sesunan juga berharap kepada panlih DPRD dapat bekerjasama untuk mendukung proses tahapan pilwabup yang sedang berlangsung.”Bila ada kekurangan persyaratan dari berkas yang diajukan, kami berharap panlih langsung melakukan koordinasi dengan parpol pengusung kami,” terangnya.

Secara terpisah, Ketua DPC PKB lamsel, Imam Subhi mengatakan mengaku penyerahan berkas cawabup yang diusung partainya mengingat batas akhir pengembalian berkas yang telah ditetapkan panlih pada hari ini (kemarin.red).

Ia juga mengaku tidak mengetahui adanya surat gubernur yang membatalkan tahapan mekanisme penyerahan ke panlih dalam penyerahan berkas cawabup.

”Surat itu saya belum baca, namun yang pasti kami masih mengikuti jadwal dan tahapan yang telah ditetapkan panlih sebelumnya,” terang Imam usai mengembalikan berkas cawabup partainya.

Satu jam berselang setelah PKB, giliran pengurus DPD Partai Golkar Lamsel mendatangi gedung DPRD dan menyerahkan berkas cawabup Irsanudin Sagala yang diusungnya. Kedatangan fungsionaris partai Golkar Lamsel ini diterima oleh Wakil Ketua DPRD Lamsel, Antoni Imam, SE yang baru tiba ke Gedung DPRD.

Dalam verifikasi yang dilakukan, dari 24 item persayaratan berkas yang ditetapkan cawabup partai Golkar ini belum melampirkan daftar kekayaan pribadi yang dimilikinya.

Namun demikian, panlih DPRD masih menunggu partai Golkar untuk segera melengkapi persyaratannya sebelum jadwal pengembalian berkas cawabup ke panlih ditutup hingga pukul 00.00 Wib, tadi malam.

Tidak lama berselang DPC Partai Demokrat Lamsel menyerahkan berkas dukungan terhadap cawabupnya. Dalam penyerahan berkas dukungan tersebut dilakukan oleh Ketua Litbang DPC Partai Demokrat, David Herlina.

David sendiri mengaku tidak mengetahui secara persis alasan pergantian dukungan yang dilakukan partainya.”saya tidak tahu persis karena hanya menjalankan perintah ketua DPC, sedangkan soal perubahan itu saya tidak tahu sekali,”elaknya.(Beny Candra)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: