jump to navigation

KNPI Sikapi Soal Pilwabup Lamsel Februari 6, 2009

Posted by 4riesibaran1 in Uncategorized.
Tags: , ,
trackback

KALIANDA – Setelah mendapat desakan dari berbagai elemen, bola panas untuk segera mengisi lowongnya jabatan wakil Bupati Lampung Selatan kembali muncul.

Kali ini pressure soal pengisian jabatan wabup Lamsel muncul dari pengurus Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Lampung Selatan, yang meminta seluruh stake holder yang terkait dalam proses pilwabup tersebut untuk tidak menghambat proses politik yang sedang bergulir.

Pernyataan, disampaikan oleh Sekretaris, DPD KNPI Lamsel, Syahrul, S.Pd., mengatakan, kekosongan jabatan wabup Lamsel harus sudah diisi karena seluruh perangkat dalam pelaksanaanya sudah tersedia semuanya.

Bukan hanya itu, DPRD dan bupati juga segera mengagendakan pelaksanaan Pilwabup karena secara jelas pengisian jabatan itu telah diatur secara jelas dalam peraturan dan perundangan.

“Kita melihat seluruh perangkat pemilihan telah terbentuk semuanya. Jadi dalam hal ini sebaiknya pengisian jabatan wabup harus segera diisi,” terang Syahrul di Sekretariat DPD KNPI Lamsel, kemarin.

Dikatakanya, untuk proses pemilihan wabup yang akan bergulir ini, KNPI Lamsel akan mengawal proses itu sampai jabatan wabup terisi. Bahkan, dalam waktu dekat, KNPI berencana akan melakukan audensi kepada bupati, Ketua DPRD dan KPUD Lamsel, terkait, persoalan ini.

”Kita akan bahas soal audensi ini dalam pleno yang akan kita gelar dalam waktu dekat. Mudah-mudahan dalam waktu dekat semuanya akan berjalan,” tambahnya.

Ia juga meminta KPUD untuk sengaja mengahmbat proses pilwabup, sebab tidak ada persoalan yang signifikan dalam partai pengusung dalam pilkada 2005 lalu. Sebagaimana diketahui, dari 4 parpol pengusung yaitu PKB, Demokrat, PSI dan Golkar. Seluruh kepengurusan telah membahas pengisian ini.

“Demikian pula dengan konsultasi yang dilakukan DPRD Lamsel, semenstinya sudah ada jawaban resmi mengingat pemerintah sendiri telah menentukan sikap terkait partai yang diakui legalitasnya. Dalam hal ini, KPUD jangan mencari-cari alasan untuk tidak memprosesnya,” tegas Syahrul lagi.

Hal yang sama dikatakan oleh Wakil Ketua DPD KNPI Lamsel, Mursaidin yang meminta KPUD untuk lebih tegas dalam menyikapi konsultasi dari DPRD tersebut. Menurutnya, persoalan siapapun yang akan mengisi jabatan wakil bupati bukan kepentingan KNPI. Melainkan, kepentingan masyarakat yang berharap roda pemerintahan di Lampung Selatan ini tidak berjalan berat sebelah karena dikendalikan oleh satu orang pemimpin.

”Paling tidak, pemimpin yang menjalankan roda pemerintah di Lamsel ini bisa dibantu dengan keberadaan wakil bupati yang mendampinginya,” kata Mursaidin lagi.

Bukan hanya itu, Mursaidin juga mengingatkan dengan berjalannya semua proses politik pengisian jabatan wabup di Lamsel berarti sama dengan melancarkan proses pembangunan di kabupaten ini.

Bahkan sebaliknya, kata Mursaidin bila tidak segera direspon oleh masing-masing stake holder justru akan memberi ruang untuk menciptakan suasa yang tidak kondusif di Lamsel. Seperti gerakan lain dalam membangun opini publik dengan melakukan gerakan-gerakan yang sifatnya radikal.

”Bisa saja masalah ini bila dibiarkan berlaurut terus akan memancing opini publik untuk melakukan presure gerakan yang lebih besar, seperti pengerahan massa,” pungkasnya.

Sebelumnya, KPUD Lamsel saat ini belum terlalu memikirkan hasil konsultasi yang dilakukan DPRD. Ini lantaran KPUD sedang fokus dalam verifikasi dafar calon sementara anggota legislatif yang akan ikut dalam pemilu 2009.

Anggota KPUD Lamsel, Dery Hendrian, S.IP., M.H., menjelaskan proses konsultasi dari 2 parpol pengusung dengan sendirimnya akan terjawab bila KPUD telah menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) calon anggota DPRD tersebut. Sebab di tubuh PKB partai yang dikonsultasikan, KPUD masih memproses 2 versi kepengurusan partai PKB. Sedangkan untuk legalitas yang diakui masih menunggu surat resmi dari KPU Pusat.

“Ini berarti hasil konsultasi yang dilakukan DPRD tersebut masih satu rangkaian dengan proses penentuan DCT yang akan ditetapkan KPUD Lamsel. Semuanya telah terjadwal,” pungkasnya. (Beny Candra)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: