jump to navigation

DPRD Sikapi Hasil Koreksi Tatib Pilwabub Februari 6, 2009

Posted by 4riesibaran1 in Uncategorized.
Tags: , , ,
trackback

KALIANDA – Turunnya hasil kalrifikasi tata tertib pemilihan Wakil Bupati Lampung Selatan yang telah dikoreksi Pemerintah Provinsi Lampung, langsung disikapi oleh panitia pemilihan wakil bupati, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung Selatan.

Pascaturunya klarifikasi, panitia pemilihan meminta pimpinan DPRD untuk segera meggelar paripurna untuk memperbaiki hasil koreksi yang telah dilakukan.

Ketua Panlih Wabup DPRD Lamsel, Tauviq David, S.E., menuturkan, pihaknya telah meminta bagian hukum sekretariat DPRD untuk segera membuat surat kepada pimpinan DPRD untuk menikapi hasil koreksi tatib wabup yang dilakukan pemprov. Sehingga hasil koreksi nantinya tidak lagi menghambat proses dan tahapan pemilihan yang akan digelar untuk berjalanya proses pengisian jabatana wabup di Lamsel.

“Saya sudah minta bagian hukum secretariat untuk segera menyurati pimpinan DPRD menyikapi hasil tatib. Sehingga dalam waktu dekat semuanya akan diperbaiki dan langsung merevisi tahapan proses selanjutnya,” papar Taufiq.

Dengan adanya surat tersebut, pimpinan DPRD akan langsung menggelar paripurna dan mem-plur-kan kembali hasil tatib untuk menyusun dan menjadwalkan kembali pembahasan tatib yang telah dibuat. ”Dengan demikian, seluruh tahapan akan dapat segera digulirkan,” katanya.

Dari hasil revisi, kata Ketua Fraksi PDIP Lamsel ini, DPRD akan segera mengirimkan hasil perbaikan yang dilakukan. Demikian pula 4 parpol pengusung nantinya akan segera diberikan surat tembusan hasil perbaikan tatib. ”Tujuannya untuk mempertegas parpol pengusung untuk segera mengeluarkan nama cawabup yang direkomendasikanya kepada bupati,” katanya.

Secara terpisah, Wakil Ketua DPRD Lamsel, Antoni Imam, S.E., mengatakan, secara prosedural mengenai hasil klarfikasi kemungkinan akan segera diagendakan dalam panmus DPRD Lamsel. Namun, karena saat ini DPRD sedang reses kemungkinan panmus akan segera kita lakukan setelah reses usai pekan depan.

Dari tahapan panmus, nantinya DPRD akan langsung menetapkan jadwal paripurna untuk merubah seluruh proses dan tahapan-tahapan schedulle pemilihan yang telah termasuk dalam tatib. Ini dimaksudkan agar seluruh tahapan yang dilakukan DPRD nantinya memiliki legitimasi yang kuat. ”Semua tahapan tersebut kita segera kita lakukan dalam waktu dekat. Menunggu habisnya waktu reses DPRD,” pungkasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung akhirnya menurunkan hasil klarifikasi tata tertib pengisian jabatan wakil bupati kepada DPRD Lampung Selatan.

Dari hasil jawaban klarifikasi, pemprov menyarankan DPRD untuk merevisi atau menyempurnakan tata cara teknis penulisan yang belum berpedoman pada Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2004 dan masih terdapat kesalahan pengetikan.

Dalam surat klarifikasi Nomor 188.342/2296/03/2008 tanggal 23 September 2008 yang ditandatangani oleh Gubernur Lampung, Drs. Syamsurya Ryacudu itu juga meminta DPRD untuk menambahkan dasar hukum pembahasan tatib pilwabup yaitu UU No.10/2004. UU No.33/2004, PP Nomor 3/2007 dan PP Nomor 38/2007 sebagai dasar hukum mengingat dan penulisan dasar hukum dimaksud perlu dilengkapi dengan pencantuman nomor dan tahun Lembaran Negara RI dan tambahan Lembaran Negara.

Dalam koreksi juga surat pemprov meminta DPRD untuk memperbaiki seluruh kesalahan teknis penulisan yang banyak ditemukan dalam tatib wabup dengan memperhatikan huruf pengetikan. (Beny)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: