jump to navigation

Akhirnya, Pemprov Turunkan Klarifikasi Tatib Wabup Februari 6, 2009

Posted by 4riesibaran1 in Uncategorized.
Tags: , ,
trackback

KALIANDA ? Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung akhirnya menurunkan hasil klarifikasi tata tertib pengisian jabatan wakil bupati (wabup) kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung Selatan.

Dari hasil jawaban klarifikasi tersebut tidak banyak yang berubah dari ketentuan dan isi yang telah dibahas. Hanya saja, pemprov menyarankan DPRD untuk merivisi atau menyempurnakan terkait dengan tata cara teknis penulisan yang belum berpedoman pada Undang-undang Nomor 10 Tahun 2004 dan masih terdapat kesalahan pengetikan.

Surat klarifikasi Nomor 188.342/2296/03/2008 tanggal 23 September 2008 yang ditandatangani oleh Gubernur Lampung, Drs. Syamsurya Ryacudu itu juga meminta DPRD untuk menambahkan dasar hukum pembahasan tatib pilwabup yaitu UU No.10/2004. UU No.33/2004, PP Nomor 3/2007 dan PP Nomor 38/2007 sebagai dasar hukum mengingat dan penulisan dasar hukum dimaksud perlu dilengkapi dengan pencantuman nomor dan tahun Lembaran Negara RI dan tambahan Lembaran Negara.

Dalam koreksi juga, surat pemprov meminta DPRD untuk memperbaiki seluruh kesalahan teknis penulisan yang banyak ditemukan dalam tatib wabup dengan memperhatikan huruf pengetikan.

Wakil Ketua DPRD Lampung Selatan, Antoni Imam, S.E., mengatakan, dengan turunnya hasil klarifikasi pembahasan tatib wabup dari pemerintah provinsi, maka DPRD Lamsel telah memiliki dasar hukum yang kuat untuk melaksanakan proses pengisian jabatan wabup Lamsel.

Dalam hal ini, lanjut Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera Lamsel ini, persoalan akan dikembalikan kepada 4 partai pengusung yang harus segera mengeluarkan nama calon yang akan direkomendasikannya untuk mengisi jabatan wabup yang ditinggal oleh H. Wendy Melfa, S.H., M.H., tersebut.

?Tembusan hasil koreksi ini kemungkinan akan dikirimkan lagi kepada masing-masing parpol pengusung yaitu Golkar, Demokrat, PKB dan PSI. Tujuan untuk mempertegas surat tatib yang telah dikirimkan DPRD sebelumnya pada mereka. Sehingga mereka segera mengeluarkan calon untuk diserahkan ke bupati,? papar Antoni.

Pendapat yang sama dikatakan oleh sekretaris Fraksi Kebangkitan Bangsa (FKB) Lamsel, Muslihun, yang meminta turunnya hasil klarifikasi dari gubernur tersebut harus segera disikapi oleh berbagai elemen yang terkait dalam proses pengisian jabatan wabup, seperti bupati, panlih, dan partai pengusung. ?Dengan demkian seluruh tahapan dalam pengisian jabatan wabup Lamsel tersebut dapat dilakukan secepatnya,? ungkapnya.

Di bagian lain, para parpol pengusung pasangan bupati dan wakil bupati Lamsel yang menang dalam pilkada tahun 2005 lalu, mengaku belum pernah duduk satu meja untuk membahas calon wakil bupati yang akan direkomendasikanya mengisi kosongnya kursi wabup Lamsel tersebut.

Ketua DPC Partai Demokrat Lamsel, Siti Farida, S.H., dihubungi ponselnya menjelaskan, meskipun belum ada pembicaraan resmi terhadap 4 parpol pengusung Golkar, Demokrat, PSI dan PKB, namun pihaknya mengaku telah mengantongi nama cawabup yang akan diusungnya untuk mengisi jabatan wabup Lamsel.

?Kita telah punya calon sendiri yang akan dikeluarkan. Sebab sebelumnya, PSI, PKB dan Demokrat telah sepakat untuk mengusung satu calon yang akan dikeluarkan untuk mengisi lowongnya kursi wabup Lamsel,? ungkapnya.

Demikian halnya dengan Ketua DPC PKB Lamsel, Imam Subhi yang mengakui adanya komunikasi untuk mengeluarkan cawabup yang akan diusungnya. ?Sebelumnya kami memang sudah ada pembicaraan, namun dalam waktu dekat mungkin komunikasi akan kita lakukan kembali kepada 3 partai pengusung lainya,? tutupnya. (Beny Candra)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: