jump to navigation

18 September Pilwabup Lamsel Digelar Februari 6, 2009

Posted by 4riesibaran1 in Uncategorized.
Tags:
trackback

KALIANDA ? Rencana untuk mengisi kekosongan jabatan Wakil Bupati Lampung Selatan pascaditinggalkan Hi. Wendy Melfa, S.H., M.H., yang dilantik menjadi Bupati Lamsel, nampaknya bakal dikebut oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lamsel. Ini menyusulnya ditetapkannya Panitia pemilihan (Panlih) oleh Ketua DPRD dan jadwal penyusunan pemilihan Wakil Bupati Lamsel yang harus sudah digelar pada 18 September mendatang.

Mengejar target itu, Ketua DPRD Lamsel, Hi. Sumadi, S.Sos., telah menandatangani SK panlih, kemarin. Anggota panlih DPRD sendiri merupakan para anggota DPRD dari perwakilan masing-masing fraksi yang ada yang sebelumnya menjadi anggota pansus pembentukan tatib wabup.

Menurut Hi. Sumadi, S.Sos., upaya pembentukan panlih wabup yang dilakukan agar jabatan wakil bupati dapat segera diisi paling lambat 18 September mendatang. Hal ini sesuai dengan hasil dari kesepakatan rapat panmus DPRD yang telah disusun sebelumnya.

?Saya sudah tandatangani SK pembentukan panlih agar mereka dapat langsung bekerja. Selain itu, kepada 4 partai pengusung yang menang dalam pilkada 2005 lalu telah dikirimkan surat pemberitahuan beserta tatib hasil pengesahan untuk segera melakukan penjaringan bakal calon wabup yang akan direkomendasikannya,? kata Sumadi.

Selain menjaring calon partai pengusung seperti Partai Golkar, PKB, Partai Demokrat dan PSI, dapat segera berembug untuk mengeluarkan 2 nama yang akan diusulkan sebagai wakil bupati. Selanjutnya nama itu diserahkan kepada bupati yang kemudian bupati menyerahkan nama?nama tersebut kepada DPRD untuk dipilih.

?Sebagaimana ketentuan dalam UU Nomor 12 Tahun 2008 bahwa partai pengusung hanya mengeluarkan 2 nama calon wabup yang kemudian diserahkan kepada saudara bupati untuk direkomendasikan. Bukan hanya itu, panlih juga sudah siap menjalankan tugasnya dalam memverifikasi 2 nama yang telah dicalonkan oleh saudara bupati kepada DPRD,? paparnya.

Demikian halnya diungkapkan Ketua Panlih Wabup Lamsel, Taufiq David, S.E., yang mengatakan penjadwalan pemilihan wakil bupati Lamsel telah ditetapkan pada 18 September adalah hasil penyusunan tim schedule panmus dan pansus yang telah dibentuk.

Sekretaris DPC PDIP Lamsel ini mengaku optimis pemilihan wabup Lamsel dapat berjalan sesuai ketentuan waktu yang telah disusun. Kita telah susun waktu secara matang, untuk itu kami optimis dapat dilakukan sesuai jadwal. tinggal parplnya saja yang merekomendasikan calon yang dikeluarkan, terangnya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Lampung Selatan, Rusman Effendi, sebelumnya mengaku belum mau terburu-buru untuk membahas calon yang akan dikeluarkan dari partainya. Pasalnya, hingga kini pihaknya masih terfokus dalam pemenangan Pilgub. ?Kita belum fokus untuk bicarakan soal pengisian jabatan wabup, hal itu baru akan dibicarakan kemungkinan setelah pilgub mendatang,? kata singkat.

Ketua DPC Partai Demokrat Lampung Selatan, Siti Farida, S.H., mengaku telah mengeluarkan 1 nama yang akan direkomendasikan menjadi wabup Lamsel atas restu DPP Partai Demokrat. Hanya saja belum bisa dibocorkan karena masih akan dibicarakan dengan partai pengusung lainnya. ?Kita akan bangun komunikasi dengan partai pengusung lainya untuk mengusungkan nama calon wabup yang akan direkomendasikan,? jelasnya. (Beny Candra )

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: